Biaya Produksi Anime per Episode




Bebicara mengenai Jepang tentu tidak bisa dilepaskan dari yang namanya Anime atau serial kartun Jepang. Ya, Anime menjadi salah satu yang sukses membawa budaya Jepang menembus berbagai Negara di dunia. Beberapa Anime yang terkenal di dunia di antaranya adalah Dragon Ball, Naruto dan One Piece. Meskipun terlihat sederhana, proses dan biaya produksi Anime per Episode tidaklah murah. Bahkan kabarnya untuk satu episode Anime saja bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Tidak heran jika Anda pernah mendengar sebuah perusahaan Anime yang kemudian bangkrut karena penjualan yang tidak laku dan kalah dengan bajakan. Biaya pembuatan Anime yang mahal memang bisa dibilang sangat wajar. Pasalnya, untuk bisa membuat satu episode serial anime sebuah perusahaan harus menyiapkan berbagai hal. Di mana, persiapan tersebut meliputi tim produksi hingga detail produksi. Dan inilah berbagai hal yang perlu disiapkan ketika sebuah rumah produksi akan membuat serial Anime.
1. Planning
Rencana merupakan hal paling awal yang sangat penting untuk proses pembuatan animasi. Dalam tahap ini, semua hal terkait dengan anime yang akan dibuat mulai direncanakan.
2. Skenario
Setelah membuat perencanaan yang matang, untuk membuat anime yang bagus tahap skenario ini harus dilakukan secara sempurna. Pasalnya, dalam tahap ini mulai dari alur cerita hingga karakter tokoh mulai ditentukan.
3. Storyboard
Tahapan ini menjadi salah satu tahapan pembuatan anime yang cukup memakan biaya tinggi dari keseluruhan biaya produksi Anime per Episode. Pasalnya, dalam tahapan ini akan memvisualisasikan skenario yang telah dibuat ke dalam sebuh animasi. Di mana, dalam tahaoan ini ditentukan angle kamera hingga cahaya dan bayangan dari gambar serta timming.
4. Menggambar
Tahapan menggambar ini menjadi tahapan yang menentukan seperti apa wujud dari karakter Anime yang akan dibuat. Dalam tahapan ini, detail dari karakter akan sangat diperhatikan untuk mempertegas suasana maupun sifat karakter tokoh.
5. Mewarnai
Tak kalah penting dengan tahapan sebelumnya, tahapan ini juga menjadi penentu kualitas Anime yang akan dihailkan dalam tahap akhir proses produksi.
6. Filminasi
Nah, tahapan ini merupakan tahapan puncak dari semua langkah yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam tahapan ini, semua gambar yang telah dibuat akan mulai dirangkai dengan mengikuti storyboard dan skenario yang telah dibuat.
Nah, dengan rumitnya tahapan dari pembuatan Anime tersebut, tak heran jika biaya produksi Anime per episode sangat mahal. Bahkan diketahui jika untuk biaya produksi beberapa Anime ternama dikabarkan mencapai 11 juta yen per episodenya. Angka tersebut setara dengan Rp 1,32 milia jika dikonversikan ke dalam rupiah. Di mana, dengan angka yang mencapai lebih dari satu miliar tersebut, biasanya untuk satu episode Anime hanya berdurasi sekitar 25 menit. Tentu kini Anda dapat membayangkan berapa biaya produksi dari Anime yang memiliki episode panjang seperti Naruto atau One Piece bukan?





This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *